(500) Days of Summer adalah film bergenre comedy romantis yang dapat menangkap sensibilitas dengan baik dari sebuah romansa pada umumnya. Sangat sulit untuk membayangkan sebuah film comedy romantis dapat dibawakan dengan lebih menyenangkan, jenaka dan baik dari segi akting.

Yang membedakan (500) Days of Summer dari comedy romantis lainnya adalah pembawaannya yang secara halus mengejek kebiasaan percintaan yang ada dan cerita yang menyentuh disajikan dengan sebuah cara yang inovatif dan menyejukkan. Film ini juga secara unik menyajikan cerita dengan 2 versi, di mana satu versi menyajikan “realita” dan versi lainnya merupakan “ekspektasi”.

Tom (Joseph Gordon-Levitt), merupakan seorang penulis kartu ucapan berusia 20-an yang mempunyai impian-impian artistik. Summer (Zooey Deschanel),  merupakan wanita yang baru masuk kerja di tempat Tom. Judul film ini tidak mengacu pada musim melainkan sebuah karakter yang menjadi objek cinta Tom. 

Tom dan Summer merupakan 2 pribadi yang berbeda terutama tentang cara pandang tentang cinta. Summer tidak percaya akan cinta sedangkan Tom selalu mencari “the one” dan percaya kalau dia tidak akan bahagia sebelum menemukannya. Endingya mereka berpisah dalam waktu yang cukup lama. Lalu Tom juga resign dari kantornya demi melupakan Summer. Sayangnya, suatu hari dalam perjalanan kereta, mereka bertemu lagi. Summer tetap cool seperti biasa dan mengajak Tom ke pesta. Tom senang karena menyangka akan CLBK dengan Summer, ternyata itu adalah ajakan untuk hadir di pernikahannya Summer.

Gordon-Levitt dan Deschanel sanggup menampilkan sosok pasangan yang menarik dan meyakinkan dengan chemistry yang sungguh kuat terjalin.(500) Days of Summer adalah sebuah kisah “retak” yang disajikan menurut sudut pandang Tom. Sejak awal film ini telah tersirat bahwa ini bukanlah sebuah love story. Adegan-adegannya bolak-balik dalam rentang waktu saat Tom dan Summer bersama. Film ini pun beralur maju-mundur.(500) Days of Summer sangat direkomendasikan bagi pecinta film comedy romantis yang ingin mencari sebuah kisah cinta yang berbeda. Karena film ini telah menghadirkan kepada kita sebuah takdir, ketertarikan, gairah, hati yang patah, dan kegigihan akan sebuah harapan. 

Sutradara : Marc Webb
Skenario : Scott Neustadter, Michael H. Weber
Pemain : Zooey Deschanel, Joseph Gordon-Levitt, Geoffrey Arend