Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi adalah suatu laporan yang memberikan gambaran ringkas dan disusun secara sistematis mengenai penghasilan-penghasilan dan biaya-biaya dari suatu unit usaha dalam jangka waktu tertentu.

Berdasarkan laporan tersebut, pimpinan perusahaan dapat mengetahui hal-hal sebagai berikut :

1. Jumlah penghasilan yang diterima selama periode tersebut dari sumber utama dan sumber-sumber penghasilan lainnya.

2. Jumlah biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh penghasilan tersebut dan untuk pos-pos apa saja biaya-biaya itu dikeluarkan.

3. Apakah perusahaan memperoleh keuntungan atau menderita kerugian dalam periode tersebut.

Dari informasi yang diperoleh, pimpinan dapat mengambil kebijaksanaan baru untuk menjalankan usahanya pada periode yang akan dating. Apabila perusahaan memperoleh keuntungan sesuai dengan yang telah ditargetkan, mungkin pimpinan akan mengambil kebijaksanaan antara lain sebagai berikut :

1. Menaikkan gaji karyawan.

2. Memberikan bonus kepada karyawan yang berprestasi.

3. Mempertahankan strategi pemasaran yang telah dilakukan.

Sebaiknya bila perusahaan menderita kerugian, pimpinan mengambil kebijaksanaan sebagai berikut :

1. Mengubah strategi pemasaran yang telah dijalankan dan digantikan dengan kiat-kiat baru yang lebih baik.

2. Menekan biaya sekecil-kecilnya dengan penghematan di semua sektor.

3. Karyawan yang kurang terampil digantikan oleh karyawan lain yang lebih baik.

sumber : Buku Keterampilan Jasa pembukuan Kelas IX (Ganeca)