Jenis-Jenis Jurnal Khusus

Setiap perusahaan dapat menyediakan atau merancang jurnal khusus sesuai dengan kebutuhannya, oleh karena itu Jurnal Khusus satu perusahaan dengan perusahaan lain akan berbeda, kecuali untuk perusahaan-perusahaan sejenis, ada kemungkinan Jurnal Khusus di rancang sama bentuknya.

1. Jurnal Pembelian

Jurnal pembelian adalah buku harian khusus untuk mencatat transaksi-transaksi pembelian barang dagangan dan barang lainnya yang dilakukan secara kredit. Jurnal ini juga disebut dengan buku pembelian.

2. Jurnal Penjualan

Jurnal penjualan adalah buku harian khusus untuk mencatat transaksi penjualan barang secara kredit.

3. Jurnal Penerimaan Kas

Jurnal penerimaan kas adalah buku harian khusus untuk mencatat seluruh transaksi penerimaan tunai, baik berupa cek maupun kas. Buku ini sering disebut juga buku kas masuk.

4. Jurnal Pengeluaran Kas

Jurnal pengeluaran kas adalah buku harian khusus untuk mencatat seluruh transaksi pembayaran tunai, baik menggunakan cek maupun kas. Jurnal ini sering disebut buku kas keluar.

sumber : Shola-LKS jasa pembukuan kelas IX

kesimpulan :

Jurnal khusus dibuat sesuai kebutuhan transaksi, sehingga jurnal khusus dibagi kedalam beberapa jenis. Dan disetiap perusahaan biasanya jurnal khusus yang dibuat berbeda karena kebutuhan perusahaan tersebut berbeda pula walaupun tidak menutup kemungkinan ada perusahaan yang membuat jurnal umum sama bentuknya.