PERANAN KOMPUTER BAGI AKUNTANSI

Di era globalisasi seperti saat ini tidak heran jika perkembangan tekhnologi semakin maju. Sebuah perusahaan yang telah berdiri sejak dahulu ikut merasakan dampaknya pada saat ini. Contohnya; pada  awal mereka mendirikan sebuah perusahaan, mereka mencari beberapa orang akuntan untuk bekerja di perusahaan tersebut hanya untuk mencatat keuangan perusahaan tersebut hanya dengan buku besar atau secara manual. Kemudian setelah munculnya mesin tik mereka tidak hanya mengerjakan laporan keuangan secara manual namun mereka bekerja menggunakan mesin tik juga. Dan saat ini perkembangan tekhnologi pun semakin maju di dunia, tidak heran jika sebuah perusahaan saat ini hanya mau mempekerjakan seseorang yang mempunyai kemampuan atau keahlian di bidang khusus misalnya dapat menggunakan komputer dan tidak gaptek.

Oleh karena itu, Sekarang banyak universitas yang menggunakan media Komputer untuk mendukung kegiatan mengajar dan belajar. Setiap mahasiswa jurusan apapun dibekali mata kuliah TI dan Komputer agar setelah mereka lulus mereka dapat bersaing di dunia kerja. Karena itulah tidak heran jika jurusan akuntansi juga harus mendapat mata kuliah TI dan Komputer. Komputer sangat mendukung segala aspek kehidupan. Dengan komputer seorang akuntan dapat melakukan segala kegiatannya. Seperti membuat laporan keuangan, mencari informasi lewat internet, bertukar informasi dengan e-mail, dsb.

Sebagai contoh sebuah bank sekarang telah melakukan segala kegiatan catat mencatatnya dengan memakai komputer. Seorang nasabah bisa melakukan segala kegiatan perbankan dengan system on-line. Sehingga memang sangat penting jika setiap universitas dan jurusan apapun menerapkan mata kuliah komputer untuk menunjang karier mahasiswa di masa yang akan datang.